Peluang Usaha Di Desa Yang Berpotensi Menjanjikan Dan Menguntungkan

Caricaraku.com - Perkembangan jaman dan tehnologi yang semakin maju dan canggih saat ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Tidak hanya di kota- kota besar, pertumbuhan ekonomi di desa pun ikut berkembang pesat. Peluang usaha di desa yang berpotensi semakin beragam, berbeda dengan jaman dulu, usaha yang dijalankan di desa mungkin mayoritas masih berkutat pada bidang pertanian dan peternakan, kini peluang usahan di desa semakin banyak dan bervariasi.


 

Dari usaha yang bermodal kecil atau besar, jenis usaha offline ataupun online dan yang membutuhkan skil atau pun non skil, semua ada. Tinggal kejelian kita untuk memilih dan menjalankan usahan apa yang akan kita geluti. Selain kejelian dalam memilih jenis usaha yang akan kita jalankan, tentunya ketekunan dan kerja keras sangat di butuhkan dalam menjalankan setiap usaha yang kita pilih.

Bagaimana, apakah anda tertarik ingin membuka usaha sendiri di kampung halaman anda. Jika anda tertarik berikut ini beberapa contoh peluang usaha di desa yang berpotensi dan mudah untuk di jalankan, baik secara offline maupun online.


Berjualan Aksesoris dan Souvenir

Menjual aksesoris dan souvenir juga salah satu usaha yang dapat anda jalankan di desa. Di kalangan anak muda terutama wanita, aksesoris sudah menjadi kebutuhan yang penting. Tak hanya di kota-kota saja, sekarang gadis-gadis desa pun sangat memperhatikan penampilan mereka yang di tunjang dengan aksesoris untuk mempercantik dan melengkapi penampilan mereka.
Untuk souvenir sendiri tidak kalah menarik dengan aksesoris, terutama untuk mereka yang akan melangsungkan resepsi pernikahan. Souvenir di jadikan tanda mata dari sang mempelai untuk para tamu yang datang ke acara pernikahan mereka. Pemesanan souvenir pernikahan pun biasanya dalam partai besar, kadan puluhan, ratusan atau bahkan ribuan untuk sekali pesanan.


Membuka Warung Angkring Ber-Wifi

Membuka warung angkringan adalah salah satu pilihan usaha yang tidak membutuhkan banyak modal. Kita tidak perlu memikirkan sewa tempat, kita cukup menyiapkan sebuah gerobak sederhana untuk lapak kita berjualan. Selain itu jenis makanannya pun tidak begitu rumit. Hanya nasi bungkus, goreng-gorengan dan lauk sekedarnya. Wedang jahe, kopi dan aneka jenis minuman hangat maupun dingin adalah pelengkap yang membawa daya tarik tersendiri dari warung angkringan tersebut.
Warung angkringan biasanya buka dari sore sampai dini hari. Di waktu-waktu ini biasanya orang-orang lebih suka keluar mencari makanan dan minuman hangat. Selain untuk menghilangkan rasa lapar, mereka juga ingin menikmati udara malam atau sekedar bercengkrama dengan teman atau pasangan mereka. Akan menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi nilai lebih saat anda memberikan fasilitas Wifi gratis. Wifi geratis akan sangat menarik perhatian para pelanggan anda, terutama untuk kalangan anak muda.


Membuka Lahan Pertanian organik

Membuka lahan pertanian organik juga salah satu usaha yang menarik untuk di kembangkan di desa. Hasil dari pertanian organik banyak di minati oleh orang-orang terutama mereka yang hidup di perkotaan. Selain mengandung asupan gizi yang baik, hasil pertanian dari sistem organik juga sangat di anjurkan untuk kepentingan kesehatan. Oleh karna itulah hasil dari pertanian organik sangat di sukai oleh orang-orang.

Selain alasan kesehatan dan nilai gizi yang baik, harga dari hasil pertanian organik jauh lebih tinggi di bandingkan dengan hasil pertanian yang biasa. Oleh karna itu membuka lahan pertanian organik menjadi salah satu usaha yang bisa anda jalankan di desa. Lahan yang masih luas dan tingkat kesuburan tanah di desa juga menjadi salah satu faktor pertimbangannya.


Beternak Ayam Kampung

Di bandingkan dengan ayam potong / ayam negri, kualitas ayam kamung jauh lebih unggul. Walaupun harganya terbilang lebih mahal di bandingkan dengan ayam potong / ayam negri, namun permintaan pasar akan ayam kampung tetap tinggi. Daging dari ayam kampung juga jauh lebih sehat bila di konsumsid dan rasa dagingnya sendiri lebih enak di bandingkan dengan ayam potong / ayam negri.
Beternak ayam kampung juga mempunyai potensi yang sangat bagus di lakukan di desa. Selain pakannya lebih murah, lahan di desa biasanya masih sangat luas tidak seperti lahan di perkotaan. Selain itu beternak ayam kampung bisa kita jadikan usaha sampingan. Karna perawatannya yang simpel, bahkan ayam bisa kita umbar (di lepas dari kandang), mereka akan cari makan sendiri dan pulang sendiri saat hari mulai senja.


Budidaya Kroto

Kroto adalah telur atau larva dari semut rangrang. Biasanya kroto sangat di cari oleh para pecinta burung kicau untuk di jadikan pakan atau nutrisi untuk burung peliharaan mereka. Penjualannya pun terbilang sangat laris dan mudah di pasarkan.
Usaha budidaya kroto terbilang gampang-gampang susah, faktor alam sangat berpengaruh terhadap kelancaran budidaya ini. Walau begitu budidaya kroto ini terbilang cukup menjanjikan, modal yang di butuhkan pun tidak terlalu besar. Harga jual yang tinggi serta permintaan pasar yang besar, membuat budidaya kroto ini masuk pada jenis usaha yang bisa anda jalankan di desa. Selain itu modal yang di butuhkan pun tidak terlalu banyak. Kita bisa memanfaatkan botol atau toples bekas untuk membuat sarang semut.


Budidaya Jamur Tiram

Jika anda ingin punya pendapatan harian, budidaya jamur tiram adalah salah satu solusinya. Selain itu budidaya jamur tiram juga bisa anda molai dengan modal yang relatif kecil. Media yang di butuhkan untuk pertumbuhan jamur jenis ini pun banyak tersedia di desa dengan harga yang terjangkau. Kapur, dedak (biasa di jadikan pakan ternak atau ikan) dan serabut kayu adalah sebagian media yang bisa di gunakan untuk budidaya jamur tiram.
Drum bekas serta plastik yang di gunakan untuk menanak baglog atau log dapat anda cari dengan mudah. Untuk merebus log kita bisa menggunakan kayu bakar. Untuk lebih detainya anda bisa mempelajari cara budidaya jamur tiram ini dari internet atau bertanya langsung pada mereka yang sudah terjun menggeluti usaha budidaya jamur tiram ini.


Budidaya Lele

Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk budidaya lele ini. Anda bisa beternak khusus pembibitan atau anda anda hanya membesarkan lele untuk kemudian anda jual. Anda juga bisa melakukan keduanya, membuat bibit sekaligus membesarkan bibit-bibit yang di hasilkan dari indukan lele yang anda siapkan.
Kalu budidaya lele ini akan anda jadikan penghasilan pokok mungkin anda bisa menjalankan keduanya. Namun jika budidaya lele ini hanya anda jadikan sampingan, mungkin pilihan membesarkan lele lebik cocok untuk anda ambil. Selain prosesnya yang mudah membesarkan lele juga tiak memerlukan keahlian atau pengalaman khusus.
Untuk anda pemula sebaiknya jangan langsung membuat bak / kolam permanen. Kita bisa membuat bak / kolam untuk budidaya lele menggunakan terpal atau plastik tebal yang kusus untuk di buat bak / kolam. Setelah di rasa maju dan anda pun sudah merasakan hasilnya anda bisa molai berpikir untuk membuat bak / kolam permanen dari batu bata dan semen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel