Cara Menaikan Omset Penjualan Toko Kelontong Ampuh

Caricaraku.com - Bagai mana sih cara menaikan omset penjualan toko kelontongan? Siapa sih yang tidak tau toko kelontongan, hampir di setiap jalan dan gang-gang ada toko kelontongan. Apalagi di daerah perkotaan, dalam satu gang saja bisa ada 3 – 4 toko kelontongan. Karna menjamurnya toko kelontongan, persaingannya pun semakin sulit. Walaupun begitu bukan berarti anda tidak bisa menaikan omset penjualan toko kelontongan anda.




Sebenarnya banya cara yang bisa kita lakukan untuk menaikan atau mendongkrak omset penjualan dari toko kelontongan anda. Anda tidak perlu melakukan banyak cara yang mungkin akan membutuhkan biyaya yang besar untuk menaikan omset penjualan toko kelontongan anda. Berikut ada beberapa tips sederhana cara menaikan omset penjualan toko kelontongan yang bisa anda terapkan untuk menaikan omset penjualan dari toko kelontongan yang anda miliki atau kelola.


Riset

Saat mau membuka toko-toko besar atau swalayan, biasanya mereka selalu melakukan riset terlebih dahulu. Dengan melakukan riset mereka bisa tahu potensi pasar dan barang-barang apa saja yang bisa memiliki potensi yang bagus untuk di jual. Hal ini pun bisa anda terapkan pada strategi anda untuk meningkatkan omset penjualan toko kelontongan anda. Karena dengan melakukan riset atau penelitian pasar anda bisa tau barang-barang apa saja yang banyak di butuhkan dan layak anda stok banyak. Anda bisa meminimalisir pembelian barang-barang yang kurang di minati oleh pembeli. Dengan begitu modal yang anda punya bisa anda maksimalkan dengan baik,


Memperkirakan Kebutuhan Pelanggan

Seperti halnya saat seseorang mau membuka usaha foto copy tentu dia akan memilih lokasi yang dekat dengan sekolahan atau perkantoran. Hal ini terjadi karna sebelumnya dia telah memperkirakan kebutuhan dari para calon pelangannya. Begitupun dengan usaha toko kelontongan anda. Anda harus bisa memperkirakan kebutuhan apa yang banyak di butuhkan di sekitar anda. Misalnya saja saat anda membuka warung kelontongan di lingkungan perumahan, barang yang di minati seperti bahan makanan, bumbu dapur dan lainya menjadi dagangan yang banyak di cari oleh para warga di sana. Akan berbeda jadinya kalau warung kelontongan anda buka di lingkungan anak kos. Makanan instan, cemilan dan makanan ringan lainnya lebih di minati ketimbanh bahan makanan dan bumbu dapur.


Tampil Beda

Menjamurnya warung kelontongan membuat orang-orang sudah tidak aneh lagi dengan keberadaan warung kelontongan. Sebab itulah membuat tampilan warung kelontongan anda berbeda dengan warung kelontongan pada umunya akan menjadi daya tarik tersendiri. Buatlah tampilan warung anda agar terlihat lebih unik dan menarik. Misalnya cat warna tembok warung anda dengan warna yang terang atau kombinasi warna yang menarik. Bisa juga dengan mengatur tata letak penyimpanan barang dagangan anda agar terlihat menarik dan mudah di cari. Masih banyak keunikan-keunikan lain yang akan membuat warung kelontongan anda terlihat mencolok dan menarik perhatian calon pelanggan anda.




Fokus

Fokus di sini adalah dengan melakukan cara terbaik untuk memaksimalkan apa saja yang kita jual. Seperti hasil dari riset yang dilakukan sebelumnya, apa saja yang biasa dibeli dan menjadi barang banyak dicari. Maka fokuskan ke barang-barang tersebut. Karena akan ada beberapa barang yang selalu dicari dan permintaannya terbilang tingi setiap harinya. Dengan lebih menfokuskan ke barang-barang ini maka akan selalu terjadi pertukaran barang di toko anda.


Pelayanan Terbaik

Tak di pungkiri, kebanyakan orang tertarik pada harga yang lebih murah. Namun taukah anda tidak selamanya pelanggan akan datang ke warung kelontongan anda karna harganya yang lebih mura. Pelayanan bisa menjadi pertimbangan yang tidak kalah penting dari segi harga. Terkadang pelanggan tidak peduli walau harga yang kita berikan sedikit lebih tinggi di banding warung sebelah, saat mereka sudah cocok dan nyaman dengan pelayanan yang kita berikan. Oleh karena itu berikan pelayanan terbaik anda untuk menyambut para pelanggan yang datang.
Ingat semboyan tentang “pembeli adalah raja”? maka cobalah melayani pembeli dan pelanggan dnegan sebaik mungkin. Setidaknya jangan pasang muka masam saat ada yang ingin berbelanja dan menanyakan harga kepaa tawarkanda anda. Cobalah untuk selalu bersikap ramah dan memberikan pelayanan terbaik.


Kelengkapan Produk

Saat pembeli datang ke warung kita untuk membeli beberapa barang dan mereka mendapatkan semua barang yang mereka cari tentu mereka akan merasa puas. Beda ceritanya saat ada salah satu atau dua barang yang mereka butuhkan tidak di dapatkan di warung anda. Pembeli tersebut akan merasa kecewa dan mencap warung anda tidak komplit. Oleh karena itu kelengkapan barang harus anda perhatikan. Untuk meminimalisir modal mandeg di barang, jangan stok barang yang jarang di beli, sediakan dalam jumlah yang terbatas. Dengan demikian modal anda akan terus berputar dan kelengkapan barang pun terjaga.


Potongan Harga dan Promo

Siapa sih orangnya yang tidak suka promo dan potongan harga? Setiap menjelang lebaran, mal-mal dan swalayan penuh sesak di serbu oleh pengunjung. Hal itu terjadi karna biyasanya di mal-mal dan swalayan banyak memberikan promo dan potongan harga untuk para pembeli. Hal ini bisa anda contoh dan terapkan pada warung kelontongan anda untuk menarik perhatian dan minat para pembeli datang ke warung kelontongan anda. Namung ingat, berikan promo dan potongan harga yang sewajarnya saja. Jangan sampai anda merugi karena promo dan potongan harga yang anda berikan pada para pembeli.



Berteman Dengan Toko Lain

Persaingan di antara warung pasti ada, tapi bukan berarti bersaing lantas bermusuhan. Bersainglah secara sehat dan sewajarnya dan tetap pelihara tali pertemanan dengan warung lain. Ada pepatah mengatakan banyak teman banyak rezeki. Saat hubungan kita baik dengan warung sekitar, mereka pun bisa ikut merekomendasikan warung kita. misalnya saat barang yang di cari oleh pembeli mereka tidak ada atau mereka kehabisan stok, biasanya mereka akan menyarankan untuk mencarinya di warung anda.




Layanan Antar

Cobalah untuk menerapkan layanan antar di warung anda. Layanan antar ini bisa anda terapkan pada barang-barang tertentu saja. Misalnya saja saat pelanggan anda membeli beras, aqua galon, gas dan barang barang lainnya. Atau saat pelanggan anda belanja dalam jumlah yang banyak dan mereka merasa kesulitan membawa semua barangnya anda bisa menawarkan layanan antar ini. Cara ini juga melengkapi pelayanan terbaik yang anda berikan pada para pelanggan anda agar mereka mendapatkan kepuasan dan kenyamanan belanja di warung anda.

Itulah beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk menaikan omset penjualan warung kelontongan anda. Atau bagi anda yang berniat untuk membuka usaha warung keloontongan sendiri namun anda masih merasa ragu, anda bisa menerapkan beberapa contoh cara di atas untuk molai berjualan. Jangan pernah takut untuk bersaing. Percayalah saat niat anda baik, hasil yang anda dapatkan pun baik


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel